Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan, Ini Alasannya

Ada saat kondisi kesehatan seseorang merasa drop dan akan membuat seseorang menjadi galau dan tak bersemangat akibat datangnya musim hujan. Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Gejalanya, penderita bisa merasakan energi yang berkurang dan menjadi galau pada musim-musim tertentu, terutama saat musim hujan.

Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan, Ini Alasannya


Kasus Seasonal Affective Disorder lebih banyak dijumpai di negara dengan empat musim. Meskipun demikian, kemungkinan Seasonal Affective Disorder dialami penduduk di negara dua musim juga masih terbuka lebar. Di negara empat musim, gejala gangguan ini biasanya muncul selama akhir musim gugur atau awal musim dingin. Gejala ini kemudian hilang ketika hari menjadi lebih cerah seperti pada musim semi dan musim panas.

Namun ternyata, cuaca tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, tetapi juga dengan kondisi fisiknya. Cuaca hujan juga bisa membuat orang cepat merasa lelah. Kok bisa? Seperti yang dikutip dari ehow, berikut beberapa alasannya.

1. Mempengaruhi Penglihatan
Saat hujan, langit berubah menjadi hitam dan mendung. Pagi dan siang pun bisa terlihat seperti sore atau bahkan, malam hari. Hal ini mempengaruhi respon biologis manusia untuk menutup mata. Jam internal tubuh mengira bahwa malam telah tiba dan ini adalah waktunya tidur.

2. Suara yang Menenangkan
Suara rintik hujan memberikan suasana yang menenangkan sehingga membuat orang lupa akan kebisingan kota. Selain itu, hujan juga membuat burung berhenti berkicau dan membuat suasana semakin sunyi. Suara jatuhnya air huja mempunyai ritme dan pola, seperti lagu pengantar tidur. Inilah yang memicu respon tubuh untuk mengantuk.

3. Berkurangnya Asupan Vitamin
Seperti yang diketahui, sinar matahari mengandung vitamin D yang dapat diserap oleh kulit. Jika kadarnya tepat, vitamin D memberikan banyak manfaat positif pada fungsi tubuh. Orang-orang yang tinggal di daerah beriklim hujan biasanya akan lebih sering mengonsumsi suplemen. Sayangnya, vitamin 'buatan' itu tidak sebaik vitamin D alami dari matahari. Dalam kasus ini, hujan dipercaya dapat menyebabkan kelelahan yang serius.

4. Berhubungan dengan Psikologis
Sinar matahari sering dikaitkan dengan kegiatan, baik sekedar bermain di tanah lapan atau mengerjakan tugas kantor. Kegiatan fisik biasanya mendorong tingkat adrenalin seseorang. Ketika hujan turun, orang cenderung berdiam diri di rumah dan jarang melakukan kegiatan fisik. Hal ini juga memberikan kontribusi terhadap munculnya rasa lelah.

Itulah beberapa penyebab dan alasan mengapa kita merasa cepat lelah saat musim hujan tiba, karena ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Semoga bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan, Ini Alasannya"