Dari Warna Mata Bisa Deteksi Penyakit Kulit

Penyakit kulit banyak macam dan jenisnya, mulai dari penyakit kulit yang ringan sampai penyakit kulit yang berat. Mulai hanya dari gatal-gatal, sampai yang terberat, misalnya kanker kulit. Untuk itulah, sebelum Anda terkena penyakit kulit, sebaiknya Anda mendeteksi dulu dari warna mata Anda. Kok bisa ? Bisa dong ! Berikut sedikit info yang saya berikan untuk Anda. Ternyata ada banyak cara untuk mendeteksi suatu penyakit terutama penyakit kulit, salah satunya adalah melalui deteksi warna mata. Menurut sebuah penelitian terbaru, kecenderungan mengidap penyakit kulit bisa diketahui lewat warna mata seseorang.

Warna Mata Indah


Dari Warna Mata Bisa Deteksi Penyakit Kulit


Seperti yang dinyatakan dari WebMD, hasil dari sebuah penelitian tersebut berhasil diungkap bahwasanya orang dengan mata berwarna biru cenderung lebih sedikit mengalami ganguan vitiligo yaitu penyakit kulit yang menimbulkan bercak putih pada kulit dan rambut. Sedangkan, mereka yang memiliki mata coklat lebih cenderung terkena penyakit kulit yang sama.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menjelaskan bahwa warna mata juga memiliki pengaruh terhadap risiko penyakit kulit melanoma. Dikutip dari detikhealth, penyakit melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit yang berbahaya. Melanoma tidak hanya mempengaruhi kulit, lebih dari itu dapat menyebar ke organ lain dan juga tulang. Sungguh mengerikan ya?

"Secara genetik, dalam beberapa hal vitiligo dan melanoma adalah kutub yang berlawanan. Beberapa variasi genetik membuat seseorang berisiko terkena vitiligo dan orang lain cenderung tidak mudah terkena melanoma, begitu juga sebaliknya," ujar peneliti Richard Spritz, MD, Human Medical Genetics and Genomics Program di University of Colorado School of Medicine.

Vitiligo adalah penyakit otoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel-sel pigmen sehingga menyebabkan bercak-bercak putih. Penyebab pasti dari vitiligo belum diketahui secara pasti. Orang-orang dengan vitiligo memiliki risiko lebih tinggi mengidap berbagai penyakit autoimun lainnya, seperti penyakit tiroid, diabetes tipe 1, reumatoid artritis dan lupus.

Peneltian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Genetics. Dalam penelitiannya, para ilmuwan mengamati gen yang terkait dengan vitiligo pada 450 orang dengan penyakit kulit. Lalu peneliti membandingkannya dengan 3.200 orang Amerika Non-Hispanik keturunan Eropa.

Hasilnya, para ilmuwan mengidentifikasi adanya 13 gen baru yang dapat mempengaruhi orang untuk mengidap vitiligo. Hasil lainnya, orang bermata biru atau abu-abu memiliki presentasi lebih rendah terhadap vitiligo. Sedangkan mereka yang bermata coklat berisiko terkena vitiligo.

0 Response to "Dari Warna Mata Bisa Deteksi Penyakit Kulit"